Kelebihan Kipas Angin AC Dibandingkan dengan Alat Penurun Suhu Ruangan Lainnya


Saat ini sudah banyakan alat penurun suhu ruangan yang beredar di pasaran. Jika anda sempat melirik air cooler atau kipas angin ac pasti anda ingin tahu kan kelebihan apa yang dimiliki oleh kipas angin ac dibandingkan dengan alat penurun suhu ruangan lainnya? Jika iya, sila simak artikel di bawah ini.

1. Irit listrik
Kelebihan pertama dari kipas angin ac atau air cooler jika dibandingkan dengan alat penurun suhu ruangan lainnya adalah kipas angin ac merupakan alat penurun suhu ruangan yang bisa dibilang irit listrik. Konsumsi daya listrik yang diperlukan oleh sebuah kipas angin ac atau air cooler secara signifikan jauh lebih rendah daripada sebuah air cooler namun tidak jauh berbeda juga dari sebuah kipas angin konvensional. Hal ini tentunya cukup menarik karena anda bisa menghemat biaya listrik cukup banyak dibandingkan dengan memakai air conditioner, namun juga tidak perlu menambah biaya jauh lebih tinggi untuk menikmati udara yang lebih sejuk dibandingkan jika memakai kipas angin konvensional saja.

2. Mudah dipindahkan
Hampir semua air cooler atau kipas angin ac didesain dengan memiliki roda di bagian bawah, roda ini dimaksudkan agar unit air cooler atau kipas angin ac bisa anda pindahkan dengan mudah ke mana pun anda inginkan. Hal ini tentunya merupakan keunggulan yang sangat jelas terlihat jika dibandingkan dengan alat penurun suhu udara lainnya.
Sebuah air conditioner harus diletakkan menempel pada dinding secara semi permanen karena jika anda mau memindahkan sebuah air conditioner anda harus melewati proses yang cukup rumit dan membutuhkan waktu tidak sebentar. Sedangkan sebuah kipas angin konvensional meskipun cenderung mudah dipindahkan tetap saja caranya harus diangkat sehingga cenderung meropetkan dibandingkan dengan air cooler atau kipas angin ac yang hanya perlu didorong saja.

3. Ukuran yang kompak
Dari segi ukuran, kipas angin ac atau air cooler memiliki ukuran yang cenderung kompak dengan body berbentuk persegi saja. Hal ini membuat air cooler atau kipas angin ac bisa anda taruh di mana saja bahkan di sudut ruangan tanpa memerlukan ruang yang luas.
Hal ini cukup berbeda dengan air conditioner yang cenderung berukuran besar dan harus menempel pada bagian atas dinding. Tidak jarang anda bahkan harus merubah tatanan bangunan yang sudah ada agar bisa menggunakan air conditioner. 

4. Perawatan yang mudah
Hal ini tentunya sudah bisa anda bayangkan saat membeli sebuah unit air cooler atau kipas angin ac. Air cooler atau kipas angin ac merupakan alat penurun suhu udara yang tidak membutuhkan perawatan tingkat tinggi. Anda hanya perlu memperhatikan kadar isi tangki air setiap kali air cooler menyala dan membersihkan tangki airnya dua minggu sekali, dan komponen lainnya bisa anda bersihkan satu hingga dua bulan sekali. Semua proses perawatan air cooler atau kipas angin ac ini bisa anda lakukan sendiri di rumah, tanpa harus memerlukan bantuan ahli. Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perawatan rutin pada sebuah unit air cooler juga cenderung singkat.

5. Suhu udara yang pas
Jika anda merasa udara yang dihasilkan air conditioner terlalu dingin namun kipas angin konvensional tidak cukup dingin, anda bisa memililih untuk menggunakan air cooler atau kipas angin ac yang menghasilkan udara sejuk. Air cooler atau kipas angin ac bisa mendinginkan suhu udara di sekitar anda sebanyak 5 derajat celcius, hal ini membuat tubuh anda tidak akan kaget karena terlalu dingin namun juga cukup untuk membuat anda merasakan udara yang nyaman dan tidak gerah.

6. Lebih ramah lingkungan
Air cooler atau kipas angin ac menghasilkan angin sejuk melalui proses penguapan air yang bisa dibilang cukup alami karena proses penguapannya memiliki prinsip yang sama seperti penguapan yang terjadi saat tubuh anda berkeringat. Proses penguapan yang terjadi pada sebuah air cooler atau kipas angin ac tidak akan menghasilkan gas rumah kaca dan tidak memiliki pengaruh buruk terhadap lingkungan. Berbeda dengan air conditioner yang pada proses pendinginannya akan menghasilkan gas rumah kaca yang dapat berdampak buruk bagi lapisan ozon.

Bagaimana, setelah melihat perbandingan ini anda menjadi semakin yakin kan untuk menggunakan air cooler?

Komentar

Postingan Populer